Rabu, 07 Desember 2011

Merokok pada Penderita Diabetes, Lebih Beresiko !!


SEBUAH studi baru mengungkap mengapa perokok yang berpenyakit diabetes lebih besar kemungkinan terkena komplikasi lain, seperti kerusakan saraf, kebutaan, dan masalah jantung; dibanding pada perokok non-diabetes.
Untuk pertama kalinya, para peneliti telah mengidentifikasi bukti kuat bahwa nikotin dalam rokok meningkatkan gula darah.
Profesor kimia dari California State Polytechnic Xiao-Chuan Liu, PhD, yang mempresentasikan penelitiannya pada pertemuan American Chemical Society, mengatakan, sampai sekarang, tak seorang pun tahu tepatnya apa substansi dalam rokok yang memicu kenaikan gula darah.
Namun dengan menggunakan sampel darah manusia, Liu menemukan, kadar nikotin dalam darah pada perokok meningkat, demikian juga jumlah HbA1c (glukosa darah) mereka.

Level HbA1c merupakan indikator umum dari jumlah gula darah dalam tubuh. Liu menemukan bahwa nikotin menaikkan tingkat HbA1c sebanyak 34 persen.
Liu mengatakan, "Jika Anda seorang perokok dan memiliki penyakit diabetes, Anda harus mengusahakan untuk berhenti merokok."

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting